Jadi Pembicara Talk Show Tentang Banjir, Budiyanto : Masalah Sistemik yang Membutuhkan Solusi Sistemik

Bagikan
Budiyanto Anggota DPRD Kab Bekasi sebagai pembicara Diskusi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Tingkat 2 Kab. Bekasi dari Fraksi PKS Ahad siang tadi ( 21/03 ) menjadi salah satu pembicara pada Talk Show yang digelar Komunitas Save Kali Cikarang ( KSKC ) dengan tema : Banjir, Lawan atau Kawan. Talk show yang berlangsung di Markas KSKC Hutan Bambu Warung Bongkok, Desa Sukadanau, Kec. Cikarang Barat, Kab. Bekasi ini merupakan bagian dari agenda Festival Kali Cikarang yang kegiatan rutin KSKC

Budiyanto yang hadir sebagai salah satu pembicara memaparkan bagaimana banjir telah menjadi pembahasan seluruh kalangan dari mulai komunitas sampai pemerintah.

” Kalau berbicara tentang banjir itu lawan atau kawan, maka kita berbicara tentang air. Air itu bukan lawan atau kawan, tapi kebutuhan. Walau jumlahnya berlebihan tetap ia adalah kebutuhan. Maka banjir bukan urusan orang per orang, bukan urusan komunitas. Tapi menjadi urusan pemerintah baik pusat dan daerah yang pembicaraannya itu harus bermuara pada solusi yang bersifat sistemik. ” Papar Budiyanto.

Dalam keterangannya, Budiyanto juga mengatakan tentang anggaran yang besar untuk mengatasi persoalan banjir yang seimbang dengan manfaat jangka panjangnya.

” Karena persoalan banjir yang merupakan masalah sistemik, artinya permasalahan ini sifatnya berulang dan terus menerus, maka solusinya juga sifatnya sistemik yang membutuhkan anggaran sangat besar, karena dengan solusi sistemik itu bisa mengurangi dampak kerusakan akibat banjir tersebut. Di awali dengan penelitian dan kajian preventif dari semua wilayah Kabupaten Bekasi dan wilayah-wilayah yang memiliki sungai-sungai yang aksesnya sampai ke Kabupaten Bekasi misalnya Karawang dan Bogor. ” Lanjut Budiyanto.

Selain itu, Budiyanto juga memaparkan bahwa diantara solusi sistemik yang bisa dilakukan pemerintah bersama masyarakat adalah betonisasi berupa pembuatan waduk di wilayah Timur dan Utara, juga pelatihan untuk masyarakat yang wilayahnya rutin terkena banjir, juga penambahan kelengkapan yang vital dibutuhkan saat banjir datang.

Dalam talk show yang dihadiri oleh komunitas dan masyarakat umum dihadiri juga oleh anggota DPR RI Obon Tabroni, juga beberapa tokoh masyarakat dan pengusaha.

maks

Bagikan