Home Literasi IBRAH DARI ORANG SALEH

IBRAH DARI ORANG SALEH

by tnozpgc tnozpgc

TADZKIRAH JUM’AT

IBRAH DARI ORANG SALEH

By : Sunardi Munari

Salah satu cara untuk menjaga sikap istiqamah di jalan dakwah adalah senantiasa berkumpul dengan orang-orang yang saleh. Karena berkumpul dengan orang saleh ibarat energy yang akan membuat kita kembali bergairah dalam menempuh perjalanan menuju akhirat.

Bahkan Al Qur’an menyeru kepada orang yang beriman untuk bersama dengan mereka,” يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَكُونُوا۟ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ [ Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. ]

Para Nabi pun bermohon kepada Allah agar dikumpulkan bersama orang-orang yang saleh seperti Nabi Yusuf as,”,….. تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ[ wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.],dalam ayat yang lain Nabiyullah Ibrahim as رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ [ (Ibrahim berdoa): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,].

Inilah perkataan orang saleh yang bisa kita ambil ibrah, di saat dunia semakin menuju masa tuanya. Dan manusia kadang dari persiapan menuju akhirat.

Ibrahim bin Adham berkata :
“Siapa yang hanya mengejar kemasyhuran, berarti ia tidak bersungguh-sungguh dalam menuju Allah.”
“Aku bersahabat dengan sebagian besar ahli ibadah di Gunung Lubnan. Semua menasehatiku seperti ini,”Jika engkau kembali ke masyarakat,nasehatilah mereka dengan empat macam :”Barang siapa banyak makan tidsak akan menemui nikmatnya ibadah. Barang siapa yang banyak tidur, usianya tidak akan ada berkahnya.”
Pernah ditanyakan kepada Ibrahim bin Adham,” Mengapa kami berdoa, tetapi tidak dikabulkan, padahal Allah berfirman :”Berdoalah kamu sekalian kepadaKu, Aku akan mengabulkan doamu.” Maka kata beliau,” itu dikarenakan hatimu mati.” Apa yang menyebabkan matinya hati?” Maka Ibrahim bin Adham menjawab :

  1. Engkau mengetahui hak Allah, tetapi tidak engkau tidak tunaikan haknya.
  2. Engkau membaca Al Qur’an, tetapi tidak Engkau amalkan ajaran-ajarannya.
  3. Engkau mengatakan,” kami cinta kepada Rasulullah saw padahal engkau tidak mengamalkan Sunnah beliau.
  4. Engkau mengatakan takut mati, tetapi engkau tidak bersiap-siap untuknya.
  5. Allah Ta’ala berfirman :”Sesungguhnya syetan itu musuh kamu sekalian, maka perlakukanlah sebagai musuh.” Lalu engkau berkelompok dengan setan untuk berbuat berbagai dosa.
  6. Engkau mengatakan takut neraka, tetapi engkau menganiaya badanmu dalam neraka. [ menganiaya diri sendiri ].
  7. Engkau mengatakan cinta kepada surga, tetapi engkau tidak beramal untuk mendapatkannya.
  8. Jika engkau bangun dari tidur, engkau melemparkan aibmu sendiri ke belakang punggungmu sendiri, dan engkau membentangkan aib orang lain. Lalu engkau membuat kemurkaan Allah. Bagaimana Allah akan mengabulkan doamu..?

Allah SWT menyebutkan ciri-ciri golongan orang saleh:

  1. لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ
    “Mereka itu tidak sama. Di antara ahli kitab itu, ada golongan yang berlaku lurus, mereka membacakan ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud. Mereka beriman kepada Allah di hari penghabisan. Mereka menyeru yang makruf dan mencegah yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang saleh.” [ QS Ali Imran :113-114 ]

Semoga Allah wafatkan kita dan mengumpulkan kita bersama orang-orang yang saleh. Aamiin

Wallahu’alam.

You may also like