PKS Minta Pemda Kabupaten Bekasi Serius Menangani Sampah Di Aliran Sungai





PKS Minta Pemda Kabupaten Bekasi Serius Menangani Sampah Di Aliran Sungai

PKSBekasi,Tambun Selatan - Seperti yang diberitakan di media sosial, kompas. com, 16/11/2020, Kali Jambe di Kelurahan Jati Mulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali dipenuhi sampah.

Imam Hambali Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi, saat diminta pendapatnya tentang hal tersebut, dirinya meminta pihak Pemda Kabupaten Bekasi serius menangani masalah sampah di sepanjang aliran sungai. "Masalah penumpukan sampah di sungai wilayah Kabupaten Bekasi, menjadi masalah serius, pihak Pemda, harus kerja keras dan cerdas." Jelas Imam di Bekasi, 17/11/2020.

"Persoalan sampah di Kabupaten belum selesai, bahkan cenderung makin kompleks dengan mangnitude yang semakin besar. Sampah adalah pekerjaan rumah bagi pemerintah, masyarakat, komunitas pedulikan lingkungan, sektor industri dan bisnis. Bahkan semua pihak  memiliki peranan dalam upaya pengurangan dan pengelolaan sampah, pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan masih sangat diperlukan," kata Imam 

Persoalan sampah itu lanjut Imam, multidimensi, bukan karena satu pihak saja. Pertama adalah perilaku masyarakat, kultural. Survei BPS pada tahun 2018 menyebut 72 persen masyarakat belum peduli tentang pengelolaan sampah," Ungkap Imam. 

"Kemudian yang kedua, adalah masalah sampah plastik yang kian hari semakin banyak. Dan yang terakhir, adalah kurangnya kapasitas pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar. " Tutup imam.



  PESAN

1 Response to "PKS Minta Pemda Kabupaten Bekasi Serius Menangani Sampah Di Aliran Sungai"

  1. Pemprov kab Bekasi harus memperhatikan dan melakukan dengan cermat dan Tidak hanya sampah yang harus diperhatikan saluran pembuangan air perumahan atau drainase juga harus di menajemenisasi atau diatur dengan baik pengelolaan-nya dengan cara rutinisasi mengadakan gerakan gotong royong kebersihan menanggulangi pembersihan sampah dan pembersihan/pengerukan saluran dranasi yang tersumbat dilaksanakan secara rutin tiap bulannya Bersama aparat yang terkait dari dan beserta masyarakat dan rutin tiap minggunya dikontrol oleh aparat seperti contohnya di Pemprov DKI yang terintegrasi dengan dinas kebersihan seraganm oranye atau dinas yang lainya bersama dengan masyarakat

    BalasHapus