PKS dan Semangat Jiwa Kepahlawanan





PKS dan Semangat Jiwa Kepahlawanan

Oleh
Rosandi Ardi Noegraha
Dosen & pegiat sosial

_'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya’._ (Presiden RI pertama Ir. Soekarno) 

Membangun jiwa kepahlawanan pada setiap orang bukanlah hal yang mudah, perlu proses penanaman sejak dini, dan pendidikan yang  terus menerus. 

Jika melihat pengertian kepahlawanan, kata 'kepahlawanan' diartikan dengan 'perihal yang berhubungan dengan pahlawan, seperti keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban.' Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia pun sebenarnya telah melekatkan makna tersebut. Secara harfiah, pahlawan diartikan sebagai 'pejuang yang gagah berani; orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran.'

Dari penjelasan diatas menunjukan bahwa jiwa kepahlawanan merupakan karakter manusia yang berada pada posisi puncak sosial karena mampu mengalahkan egoisme diri, mendahulukan kepentingan orang lain,termasuk untuk negara dan bangsanya. 

Momentum hari pahlawan 10 November kembali membawa ingatan seluruh masyarakat Indonesia tentang semangat kepahlawanan para pahlawan bangsa yang berjuang di Surabaya,para tokoh pemuda, kalangan alim ulama serta kiai pondok pesantren di Jawa, seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, serta kiai dari pesantren lainnya juga mengerahkan santri mereka dan warga sipil sebagai milisi perlawanan.Pertempuran skala besar ini berlangsung hingga tiga minggu melawan tentara Inggris.

Ada ungkapan dari tokoh dan sekaligus pahlawan bangsa Mohammad Hatta, beliau katakan "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita."

PKS, lagi-lagi menjadi satu rujukan bagi bangsa ini, yaitu tentang jiwa kepahlawanan, yang terefleksi dalam semua peran kontribusi PKS dan seluruh kadernya dari sabang sampai maureke. 

Pembentukan Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) Pusat Khidmat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 23 oktober 2015, semakin menandaskan peran PKS  terhadap setiap setiap bencana yang terjadi di Indonesia. 

Pembentukan Genta PKS dilatar belakangi oleh fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang rawan bencana,  dikarenakan posisi Indonesia berada ditiga lempeng tektonik dunia yakni Lempeng Indo-Australian, Eurasia dan Lempeng Pasific . Apabila ketiga lempeng tektonik itu bertemu dapat menghasilkan tumpukan energi yang memiliki ambang batas tertentu.

Disamping itu, Indonesia  berada pada Pasific Ring Of Fire (cincin api) yaitu jalur rangkaian gunung api paling aktif di dunia yang membentang sepanjang lempeng pasifik. Zona ini memberikan kontribusi hampir 90 persen dari kejadian gempa di bumi dan hampir semuanya merupakan gempa besar di dunia.

Hal itulah yang menyebabkan Indonesia merupakan wilayah rawan terhadap bencana karena ancaman dari bencana gempa bumi, gelombang tsunami dan gerakan tanah dengan intensitas yang cukup tinggi.

PKS dan jiwa kepahlawanan menjadi inspirasi besar bagi dunia politik di Indonesia dan juga Internasional, bahwa membangun dan menumbuh kembangkan jiwa kepahlawanan menjadi syarat penting bagi terwujudnya peradaban yang kuat, jiwa kepahlawanan menjadi solusi bangsa, keluar dari semua permasalahannya, nilai-nilai kepahlawanan punya makna yang sederhana tapi mendasar, Ash-syahid Sayyid Quthub pernah  mengungkapkan, “Orang yang hidup untuk dirinya sendiri, ia akan hidup kecil dan mati sebagai orang kecil. Sedangkan orang yang hidup untuk umatnya, ia akan hidup mulia dan besar serta tidak akan pernah mati kebaikannya.

Itulah jiwa kepahlawanan, yang lahir dari keikhlasan dan kejernihan jiwa, melekat pada pikiran dan nurani, menjadi energi besar dalam perbuatan, bukan slogan, ucapan semata, tetapi teraktualisasikan pada karya nyata, untuk kesekian kalinya bangsa ini, harus jujur menerima bahwa PKS telah mengajarkan kepada seluruh elemen bangsa, tentang nilai dan makna jiwa kepahlawanan yang sesungguhnya di era kemerdekaan bangsa, selamat Hari Pahlawan, mari kita maknai dan gelorakan jiwa kepahlawanan untuk membangun bangsa tercinta, sebagai ekspresi rasa syukur dan ungkapan terimakasih kepada seluruh pahlawan bangsa yang berjuang berkorban jiwa dan raga demi bangsa ter cinta di pertempuran, Surabaya 10 November 1945.




  PESAN

0 Response to " PKS dan Semangat Jiwa Kepahlawanan"

Posting Komentar