Spirit Kepemudaan Rasulullah SAW, Sumpah Pemuda dan Partai Keadilan Sejahtera




Spirit Kepemudaan Rasulullah SAW, Sumpah Pemuda dan Partai Keadilan Sejahtera

Oleh 
Rosandi Ardi Noegraha
Dosen & pegiat sosial



نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَاَهُمْ بِالْحَقِّۗ اِنَّهُمْ فِتْيَةٌ اٰمَنُوْا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنٰهُمْ هُدًىۖ

“Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka. QS. Al Kahfi : 13

Hari ini Rabu, 28/10/2020, bertepatan dengan hari sumpah pemuda, dimana para pendiri bangsa berkumpul mendeklarasikan semangat juang kebangsaan. Secara atas izin Allah swt bersamaan berbarengan dengan kelahiran sosok teladan utama Nabi Muhammad SAW, tidak berlebihan jika momen ini menjadi titik tolak kebangkitan jiwa Kepemudaan yang di dukungan semangat perjuangan untuk membangun negeri Indonesia, yang di ilhami pada sosok mulia Rasulullah Saw.

Pasca reformasi 1998, Indonesia mengalami proses transisi perpolitikan, sejarah ini digerakkan oleh unsur pemuda, di dalamnya para mahasiswa dari berbagai kampus di seluruh Indonesia, masa reformasi ini salah satu dinamika munculnya sebuah Partai politik yang di dalam strukturnya mayoritas diisi para pemuda, Partai tersebut adalah Partai Keadilan yang kemudian berubah nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera di singkat PKS hingga sekarang.

Atas kehendak dan izin Allah, berhimpun lah 3 spirit kepemudaan di bulan Oktober 2020 yang bertepatan dengan bulan Robiul awwal 1437 H, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW,Sumpah Pemuda dan di Lantik nya Presiden PKS yang baru periode 2020-2025.

3 spirit inilah yang menandaskan bahwa membangun jiwa Kepemudaan menjadi hal yang sangat penting bagi negeri Indonesia dalam menyongsong era baru yang sarat dengan teknologi multimedia, dimana era ini mensyaratkan spirit kepemudaan bukan di ukur dengan kriteria usia semata, tetapi spirit kepemudaan yang memiliki banyak potensi untuk perubahan positif.

Bangsa Indonesia harus belajar dari spirit kepemudaan yang ada pada perjuangan Rasulullah SAW beliau sukses mendidik para sahabat nya,dalam usia yang beliau, mampu mengemban amanah besar, hingga hadir peradaban gemilang kemudian para pemuda Indonesia di era penjajahan dalam usia yang muda mampu menjadi pionir, pengerak semangat juang hingga mampu memerdekakan bangsa dan PKS yang telah ikut serta mewarnai dinamika perpolitikan nasional, yang banyak memberikan warna baru  bagi dunia perpolitikan nasional, di akui dan tercatat banyak prestasi gemilang, ketiganya berangkat dari spirit kepemudaan.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga bangsa Indonesia mampu mengelola bonus demografinya dengan strategi pendidikan yang mampu mendorong jiwa kedewasaan dan semangat kepemudaan pada setiap diri generasi muda penerus bangsa, sehingga tercapai cita-cita pejuang bangsa, mewujudkan bangsa yang merdeka,berdaulat, maju,makmur dan sejahtera. 

Kota kecil,28 Oktober 2020



  PESAN

0 Response to "Spirit Kepemudaan Rasulullah SAW, Sumpah Pemuda dan Partai Keadilan Sejahtera"

Posting Komentar