PKS Tetaplah Konsisten Menjaga Pancasila Dan Keutuhan NKRI





PKS Tetaplah Konsisten Menjaga Pancasila Dan Keutuhan NKRI


Sebagai seorang dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila dan warga negara Indonesia, merasa bangga dengan PKS yang konsisten menolak draf RUU Haluan Ideologi Pancasila, di saat sebagian besar Partai di DPR mendukungnya.

Jika di telusuri sejak awal draf RUU HIP ditetapkan dalam rapat Paripurna DPR masuk dalam pembahasan rapat, kesan terburu-buru dan dipaksakan memang sudah terasakan. 

Padahal dari judul RUUnya saja sudah terbayang hal krusial, bahwa RUU seolah menjadi satu payung hukum yang mengatur Pancasila di bawah undang-undang, padahal sejatinya Pancasila adalah hukum tertinggi di Negara kita Indonesia. 

Dalam demokrasi memang setiap pendapat warganegara, diperbolehkan dan diatur dalam perundang-undangan, tetapi tentu saja prosesnya juga harus mengikuti prinsip-prinsip dasar demokrasi yang telah di atur dalam perundang-undangan, tidak memaksakan pendapat, anarkis dan melawan hukum yang berlaku.

Begitupun halnya dengan pembahasan setiap rancangan Undang-undang yang dibahas, juga harus mengikuti mekanisme yang diatur, termasuk mendengarkan pendapat yang rasional, ilmiah dan sesuai dengan konstitusi bangsa,  yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kaitan polemik RUU HIP,  saya sependapat dengan PKS harus dihentikan karena sangat berbahaya, dan berpotensi merubah secara total nilai-nilai sila Pancasila,penetapan Pancasila sebagai dasar negara, sumber hukum, dan pandangan hidup bangsa Indonesia sudah final dan mengikat, tidak perlu ada tafsiran baru lagi.

Setiap usaha apapun yang berpotensi merusak, menghancurkan pondasi dasar negara, walapun dilakukan dengan cara yang konstitusional wajib untuk di tolak.  Kita harus  selalu mengingat perjuangan para pendiri bangsa ini, dalam upaya mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, berketuhanan, berbhineka tunggal ika, bersatu, adil, makmur dan sejahtera merupakan cita-cita mulia.

Berdemokrasi tidak berarti merusak kesepakatan bersama bangsa, Pancasila dan UUD 1945 adalah pondasi utama bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, setiap potensi ancaman, Paham ideologi luar yang mengancam kesatuan dan persatuan bangsa, seperti komunis, liberalisme, radikalisme,  harus kita tolak bersama.

Perjuangan menjaga Pancasila tidak boleh berhenti, usulan RUU Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai alternatif pengganti RUU Haluan Ideologi Pancasila oleh sebagian pakar, akademisi dan termasuk politisi, harus terus di awasi, dikritisi setiap warganegara, dan berkewajiban termasuk PKS sebagai lembaga konstitusional wakil rakyat, mengawal usulan tersebut, karena hal itu sangat berpotensi  terjadi usaha yang sama,seperti yang terjadi pada pembahasan RUU HIP.

Selamat kepada PKS,  jangan berhenti untuk terus memperjuangkan kedaulatan bangsa, jaga terus Pancasila dan UUD 1945, pertahankan NKRI, semoga Allah swt menjaga dan melindungi bangsa Indonesia yang kita cintai, agar cita-cita para pejuang yang telah gugur, mengorbankan jiwa dan raganya terwujud menjadikan Indonesia menjadi negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofur, aamiin.

Bekasi, 13 Juli 2020
Rosandi Ardi Noegraha 
Dosen & pegiat sosial





  PESAN

0 Response to "PKS Tetaplah Konsisten Menjaga Pancasila Dan Keutuhan NKRI"

Posting Komentar