Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Gelar FGD Rumah Pangan Mandiri





Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Gelar FGD Rumah Pangan Mandiri

PKSBekasi,Cikarang Utara - Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi menggelar Focus Group Discussion dengan tema Rumah Pangan Mandiri menghadirkan anggota DPR RI yang juga Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah Banten Jakarta dan Jawa Barat, Ahmad Syaikhu; Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid; Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Imam Hambali; Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PKS Budiyanto dan Fatmah Hanum di RM Mang Kabayan, Cikarang Utara pada Sabtu (4/7).

"Program ini berfokus pada pemanfaatan lahan sekitar rumah untuk menanam sayur mayur, tanaman apotek hidup & perikanan. Sampai saat ini, tanaman-tanaman yang bisa ditanam diantaranya ialah bayam, sawi, tomat, cabe, kangkung, daun bawang dan sayur-mayur lainnya yang memang akrab dalam masakan khas Indonesia.
Meskipun konsepnya sederhana dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja, program ini bukan tidak mungkin dapat menjadi program unggulan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat serta mengembalikan kemandirian masyarakat untuk mengelola potensi yang ada di lingkungannya," jelas Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Imam Hambali.

Sementara Ahmad Syaikhu menekankan bahwa parameter keberhasilan program ini adalah perubahan sikap dan perilaku di masyarakat yang tadinya membeli menjadi menanam untuk kebutuhan sendiri. 

"Parameter keberhasilan dari program ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku rumah tangga dari yang tadinya “beli” menjadi “panen” atau dalam ungkapan lain “bulan ini rumah tangga beli sayuran, bulan depan rumah tangga petik Sayuran, bahkan jual sayuran," ujar anggota Komisi V DPR RI ini. 

Anggota Komisi 2 DPRD Propinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid menambahkan, program "Rumah Pangan Mandiri" ini akan terus di replikasi di setiap daerah pemilihan yang memiliki potensi alam dan SDM yang penuh motivasi. 

"Semoga konsep sederhana ini dapat terus meningkatkan kemandirian pangan rumah tangga dan peningkatan taraf ekonomi rumah tangga melalui penjualan/bisnis produk-produk pertanian & perikanan yang mereka hasilkan dari pekarangan mereka sendiri. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena prospek kedepan kebutuhan akan produk-produk pertanian & perikanan akan terus ada dan ini menjadi peluang bisnis yang terbuka buat rumah tangga untuk mencukupi kebutuhan pasar dari para peminat produk pertanian & perikanan ini," kata anggota DPRD Propinsi Jawa Barat dari daerah pemilihan Kabupaten Bekasi ini.

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto menambahkan bahwa tantangan dari program rumah pangan mandiri ini adalah konsistensi.

"Tantangan program ini kedepannya adalah membuat rumah tangga tetap konsisten menanam dan memanfaatkan pekarangannya untuk hal yang produktif, sehingga gerakan pemberdayaan ini tetap berkembang dan menjadi nilai ekonomis tersendiri ketika pengelolaanya berubah menjadi bisnis produk pangan masyarakat," tuturnya. 

Sementara anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi Fatmah Hanum menjelaskan, dengan kemandirian untuk mengelola jenis bahan makanan yang ditanam sendiri di pekarangan, masyarakat punya kontrol lebih banyak untuk mengatur kuantitas dan kualitas dari tanaman itu sendiri. Selain itu, dengan modal keuletan dan kemauan untuk belajar dan mengenal tentang tanam-menanam, program ini juga berpotensi menjadi lahan bisnis bagi masyarakat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar.

"Dampak dari berjalannya program ini juga sudah mulai dirasakan rumah tangga, diantaranya dengan adanya yang sudah memanen hasil tanamannya dan memenuhi beberapa masyarakat yang berminat membeli sayuran hasil tanam mereka. Pada periode ke dua sekarang, masyarakat sudah sangat semangat mengelola dan memanfaatkan potensi pekarangan mereka, karena pada periode pertama tanam mereka sudah merasakan langsung manfaatnya baik secara penenuhan kebutuhan pribadi ataupun nilai ekonomis hasil dari penjualan produk sayuran yang mereka tanam," pungkasnya.



  PESAN

0 Response to "Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi Gelar FGD Rumah Pangan Mandiri"

Posting Komentar