Forum Bank Sampah Sambangi Kantor Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi. Ada Apa Gerangan?


PKSBekasiKabupaten Bekasi terus berkembang ditandai dengan semakin banyaknya perumahan dan jumlah penduduk yang terus bertambah. Masalah yang lazim muncul di perkotaan adalah tentang pengelolaan sampah.

Timbulan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Bekasi berkisar 2.000 ton per hari. Sementara jumlah sampah yang di kirim Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 800 ton. Alhasil ada 1,200 ton sampah tersebar di sekitar rumah penduduk yang tidak terangkut.

Atas dasar itulah bermunculan ide kreatif untuk mengelola dan memanfaatkan sampah sehingga tidak menggangu kesehatan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan masyarakat. Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi H.  Muhammad Suhapli, SE saat beraudiensi dengan Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (2/7), mengatakan pihaknya ingin menyalurkan aspirasi para aktivis lingkungan dan pengurus bank sampah kepada Fraksi PKS. "Kami ingin memberikan sumbangsih berupa ide dan gagasan terkait Raperda Sampah yang sedang bergulir saat ini", tambahnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi H. Imam Hambali, S.Si, MM, menyambut baik berbagai masukan dari pengurus Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi. "Raperda pengelolaan sampah adalah salah satu raperda yang telah di setujui oleh Pemprov Jabar untuk di proses, sambung Imam yang juga aktif bergelut dengan pengelolaan sampah.

Imam menegaskan, kedepan jika perda sampah telah diketok palu bisa menjadi payung hukum terkait pengelolaan sampah di Kabupaten Bekasi. "Masukan dari Forum Bank Sampah untuk memasukan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah Kab Bekasi khususnya sampah rumah tangga melalui Bank Sampah patut di dukung, karena ini adalah amaanh dari Jakstranas Pusat dan Jakstrada Jawa Barat dalam pengelolaan sampah. Selain itu Bank Sampah juga menjadi salah satu indikator penilaian Adipura di setiap Kabupaten atau Kota" pungkasnya.

Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi juga menyampaikan keinginannya untuk mendirikan Bank Sampah Induk di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.





PESAN

0 Response to "Forum Bank Sampah Sambangi Kantor Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi. Ada Apa Gerangan?"

Posting Komentar