Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum, Diskusikan Perubahan Sistem Pendidikan di Masa Pandemik








Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum, Diskusikan Perubahan Sistem Pendidikan di Masa Pandemik



PKSBekasi,Cikarang Pusat - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan mengeluarkan perubahan sistem pendidikan semenjak mewabahnya pandemik Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud, serta Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.

Oleh karena perubahan sistem tersebut, sejumlah perwakilan kepala sekolah dan Dinas Pendidikan melakukan rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi lantaran banyak hal yang harus disesuaikan dalam sistem pendidikan di Kabupaten Bekasi.

“Tadi kita mengundang Forum Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mendiskusikan kendala akibat perubahan sistem tersebut, terutama sisi anggaran yang tertuang pada Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS),” kata Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum, Kamis (18/6).

Menurutnya, dengan perubahan sistem ini, banyak hal yang harus disesuaikan. Misalnya kaitan penerimaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terlambat dicairkan akibat Covid ini, dan adanya perubahan petunjuk teknis (Juknis) pencairan dana tersebut.

“Juknis dana BOS terjadi perubahan, termasuk pemanfaatan dana tersebut, misalnya sebelum adanya Covid tidak ada penyediaan disinfektan, kalau sekarang harus ada. Jadi banyak penyesuaian yang harus dilakukan pihak sekolah,” bebernya.

Namun, politisi PKS ini berharap dengan adanya perubahan yang dibuat ini tidak berpengaruh dan memperhambat proses Pendidikan di Kabupaten Bekasi.

“Yang krusial menjadi pembahasan kita, dimana perubahan aturan dan perubahan sistem tidak memperlambat, tidak semakin membuat kondisi pencairan BOS menjadi lebih lambat. Sehingga berdampak pada honor guru pada kesiapan sekolah menerima anak murid semakin melambat,” jelasnya.

“Jadi setelah kita rapat tadi, sedikit banyak adanya solusi-solusi dari persoalan yang ada. Diharapkan apa yang menjadi kesepakatan kita ini bisa dijalankan sehingga proses Pendidikan di Kabupaten Bekasi tidak terganggu,” tandasnya.

Sumber rmoljabar




  PESAN

0 Response to "Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum, Diskusikan Perubahan Sistem Pendidikan di Masa Pandemik"

Posting Komentar