Islam Agama Tawazun



Islam adalah agama yang sangat mengedepankan sikap tawazun ( seimbang ).

Dimana seluruh kebutuhan hidup kita hendaklah dipenuhi secara proposional .

Dalam diri kita ada 3 aspek yang perlu diperhatikan kebutuhannya. Yaitu aspek hati, akal dan jasmani.

Kebutuhan akan aspek hati sepertinya yang paling banyak diabaikan manusia, karena manusia menganggap sesuatu yang tidak penting .

Padahal hatilah yang nanti akan mempengaruhi kondisi kejiwaan manusia. Apakah kita bisa merasakan bahagia dalam hidup ini ataukah sebaliknya ini tergantung bagaimana kita memenuhi kebutuhan hati kita.

Sebagai seorang muslim sholat , puasa, tilawah Al Qur'an, istighfar , shodaqoh merupakan makanan hati yang akan melahirkan sikap syukur dan sabar.

Kenapa shodaqoh masuk dalam kebutuhan makanan hati ? Karena filosofi dalam shodaqoh itu bila kita mau berbagi dengan orang lain dan membuat mereka bahagia maka rasa bahagia itupun akan berimbas kepada kita menjadi bahagia.

Maka orang yang bahagia sesungguhnya bukanlah yang kaya harta tapi yang kaya hati . Karena orang yang kaya hati akan selalu diliputi rasa bahagia apapun keadaannya.

Kebutuhan aspek akalpun harus kita penuhi agar kita mampu menjalankan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dengan ilmu . Karena ilmulah yang akan menjadikan kita sosok hamba yang dalam beribadah tidak semata - mata taqlid ( ikut - ikutan ) tapi benar - benar memahami suatu perintah sehingga akan meminimalisir kesalahan. Karena syarat ibadah itu harus dengan ilmu .

Kebutuhan aspek jasmanipun tidak boleh ditinggalkan karena Allah lebih mencintai mukmin yang kuat daripada yang lemah.

Dalam bab makanan dan minuman  yang merupakan kebutuhan pokok jasmani , maka harus diperhatikan selain faktor halal juga toyyib .

Halal disini baik dari sisi zatnya maupun cara memperolehnya . Jangan sampai kita makan dari harta korupsi misalnya.

Sementara thoyyib disini harus sesuatu yang baik untuk tubuh . Tidak makan atau minum yang dapat membahayakan tubuh kita.

Dari gambaran di atas betapa Islam itu agama yang sangat teliti dalam mengatur kehidupan manusia. Hal ini karena Allah SWT yang menciptakan manusia, sehingga tahu betul apa yang terbaik untuk kehidupan hambaNya.

Ini menjadi bukti bahwa Allah SWT sangat mencintai hambaNya.  Lalu apakah kita juga mencintaiNya ? Mari kita buktikan kalau kita mencintai Allah SWT dengan cara kita tunduk dengan segala aturanNya.

Cikarang 09072019
Ratih DH Putri





PESAN

1 Response to "Islam Agama Tawazun"