POLITIK DALAM ISLAM



Politik sering diidentikan dengan jalan menempuh kekuasaan untuk mencari keuntungan sebatas duniawi dengan berbagai cara. 
Dan seringkali cara yang dipakai tanpa mengindahkan etika alias menghalalkan segala cara. 

Hal inilah yang menjadikan sebagian orang apriori dan alergi kalau mendengar kata politik , karena politik dianggap kotor dan sesuatu yang buruk. 

Islam adalah agama yang sempurna, dimana mengatur berbagai aspek kehidupan manusia tidak hanya masalah ibadah yang menyangkut sholat , zakat, puasa dan haji tapi juga masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Sehingga... apakah orang bisa merealisasikan ibadahnya secara keseluruhan dengan mudah atau sulit , atau apakah perekonomian semakin baik atau buruk itu ada pengaruhnya dari hasil kebijakan politik. 

Oleh karena itu  Islam menjadikan politik adalah sebagai sarana untuk menghasilkan kebijakan yang melahirkan kemaslahatan ummat. 

Karena tujuannya untuk kemaslahatan oleh karena itu harus dilakukan dengan cara yang baik . 
Terutama para pelaku politik bagaimana mereka harus bersikap jujur , untuk apa mereka berpolitik ? 
Apakah hanya ingin kekuasaan sebatas untuk mencari keuntungan pribadi dan sekelompoknya , ataukah untuk masyarakat secara keseluruhan ?

Untuk itu semua diperlukan kejelian , kecerdasan akal dan mata hati kita untuk menjatuhkan pilihan kepada siapa hak kita memilih ini diberikan ? 

Jangan kita memilih hanya karena faktor fanatisme sehingga kita tidak bisa obyektif dalam memilih , karena mendapat tekanan atau diberi dana yang tidak seberapa. 

Hak kita memilih ini nilainya besar dan mahal, tidak bisa dibeli hanya sesuatu yang sifatnya duniawi . Karena kesalahan kita dalam menentukan pilihan berakibat fatal untuk generasi mendatang dan semuanya nanti ada pertanggungjawabannya diakherat. 

Kenapa demikian ? Karena politik dalam Islam  tujuannya untuk menegakkan HAM dan kemaslahatan masyarakat secara keseluruhan tanpa kecuali, sehingga apapun ada konsekwensinya disisi Allah subhana  wata'ala. 

Oleh sebab itu dalam berpolitik kita harus benar - benar bisa amanah, baik kita sebagai orang  yang memilih maupun yang dipilih. 

Cikarang 03022019
PESAN

0 Response to "POLITIK DALAM ISLAM"

Posting Komentar