Alam Memberikan Pelajaran Penting Tentang Kesungguhan Dalam Perjuangan




Alhamdulillah, sabtu 22, september 2018 saya kembali mendapatkan kesempatan yang berharga bisa kembali melakukan pendakian bersama para mujahid dakwah,  ke Gunung Bongkok yang terletak di Desa Cikandang Purwakarta Jawa Barat, meskipun gunung ketinggiannya hanya 975Mdpl, tapi jalur kepuncaknya lumayan extreme Hampir seluruh jalur miring 70 derajat vertikal, ada juga yang 90 derajat, dibeberapa titik tersebut menggunakan bantuan tali webbing atau pegangan ke akar-akar pohon.

Saudaraku, menurut saya pendakian adalah bagian dari pada pendidikan ma’rifatullah atau mengenal Allah swt, bagi seorang Muslim mengenal Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta, bernilai ibadah. Ma’rifatullah itu sendiri berasal dari 2(dua) kata dasar, yaitu Ma’rifat dan Allah, ma’rifat artinya mengetahui atau mengenal, yang bermakna juga mengenal Allah subhana wa ta’ala, dalam hal ini seorang pendaki mendapatkan manfaat secara langsung mengenal Allah swt lewat fenomena Alam ciptaan-Nya.
“Dan Kami telah menghamparkan Bumi dan kami pancangkan pada nya Gunung-gunung, serta Kami tumbuhkan di sana segala sesuatu menurut ukuran” Qs. Al Hijr :19

Ayat Allah swt diatas terkoneksi dengan apa yang dilihat seorang pendaki gunung, sehingga memberikan penguatan pada keyakinan atau nilai  keiman, bahwa Allah swt adalah sang Pencipta alam ini, berserta  manfaatnya bagi manusia.  

Saudaraku, di samping manfaat di atas, ada pelajaran yang bisa di ambil dari perjalanan pendakian, yaitu harus terus berjalan, bergerak ke arah tujuan akhir yaitu puncak gunung. 

Sepanjang perjalanan pendakian, jujur saya merasakan perjuangan yang luar biasa berat, rasa lelah, rintangan, semua itu mengingatkan pada diri pribadi tentang bagaimana ujian dalam perjalanan harakah(gerakan) dakwah, ujian yang bersumber dari diri sendiri, kader dan dari luar. Kesemua itu harus di hadapi, menuntut untuk terus bergerak maju,alam memberikan pelajaran penting tentang arti kesungguhan dalam perjuangan, walaupun terkadang harus berhenti sejenak, mengatur nafas, mengumpulkan energi, dan kemudian melanjutkan perjalanan, sampai akhirnya tiba di tujuan. 

Allah swt berfirman dalam Surat At Taubah [9] ayat 41. “Berangkatlah kamu, baik dalam keadaan ringan maupun berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu sekiranya kamu mengetahui.”

Ada ungkapan dari Imam al banna, yang penting untuk kita sama-sama renungkan, beliau katakan : "Sesungguhnya orang yang pandai berbicara itu banyak, tetapi sedikit di antara mereka yang tetap konsisten ketika bekerja. Dan banyak orang yang bisa bekerja, tetapi sedikit yang mampu mengemban amanah jihad yang berat dan mau bekerja keras. Mereka adalah para mujahid dan orang-orang pilihan yang terkadang mereka salah jalan atau tidak tepat sasaran seandainya mereka tidak mendapat pertolongan dari Allah."

Hikmah perjalanan pendakian sangat berharga untuk mengingatkan kepada setiap kader dakwah, jangan pernah berhenti untuk terus berjuang, jatuh bangkit adalah hal yang biasa dalam perjalanan menuju puncak kemenangan. 

Akhukumfillah
Rosandi Ardi N




PESAN

0 Response to "Alam Memberikan Pelajaran Penting Tentang Kesungguhan Dalam Perjuangan"

Posting Komentar