Tuntaskan Hingga Witir



Salah satu Pemandangan di bulan Ramadhan ini adalah orang yang beranjak pergi setelah rakaat ke-8 dalam shalat tarawih, sebelum witir.

Mereka keluar karena anggapan, Jika mereka sudah shalat witir bersama imam, maka mereka tidak boleh shalat lagi di akhir malam di rumah setelah itu. Dengan anggapan ini, mereka menghalangi diri mereka sendiri dari pahala yang sangat besar. Karena Nabi saw bersabda:

“Siapa yang shalat (tarawih) bersama imam hingga imam beranjak pergi maka ditulis baginya pahala shalat satu malam”. (Sunan at-Tirmidzi, 806)

Nabi saw mengajari kita bahwa Allah mengaruniai kita pahala qiyamullail satu malam penuh hingga pagi, bagi orang yang shalat bersama imam “hingga imam beranjak pergi”, yakni hingga menyempurnakan shalatnya bersama imam, baik imamnya shalat 11 rakaat atau 23 rakaat.

Jika anda meninggalkan shalat tarawih sebelum witir maka anda kehilangan kesempatan mendapatkan pahala qiyamullail semalam penuh, karena dugaanmu mungkin akan shalat dua atau empat rakaat sesudahnya di rumah.

Boleh qiyamullail setelah witir tarawih.
Sekiranya anda shalat bersama imam hingga witir bersama imam, kemudian anda bersemangat untuk qiyamullail sesudah itu maka shalatlah! Tetapi shalatlah dua rakaat-dua rakaat tanpa melakukan witir lagi.

Mohammad Nuh,Lc
Ketua DPD PKS Kabupaten Bekasi
PESAN

0 Response to "Tuntaskan Hingga Witir"

Posting Komentar