BPKK PKS Cikarang Utara Adakan Pelatihan Buat Pizza Singkong dan Sabun Serbaguna


PKSBekasiBidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Cikarang Utara mengadakan 2 pelatihan dalam 1 hari, yaitu membuat pizza dari bahan dasar singkong dan membuat sabun serbaguna berbahan minyak jelantah (minyak bekas pakai), dipandu pemateri Ahmadun Al Rusdi S.TP, lulusan IPB bidang teknologi pangan.

Aktifitas ini untuk merealisasikan program kerja jangka pendek BPKK PKS Cikarang Divisi Ekonomi Keluarga (EK) 2017. Berlangsung pada Sabtu (21/10) di Tropikana, Cikarang Baru.

Objek tujuan pelatihan adalah kader dan pengurus BPKK di DPC Cikarang Utara. Peserta meliputi perwakilan 1 orang/ halaqoh dan 1 orang utusan BPKK /DPRa. Jumlah peserta dan panitia sebanyak 31 orang.

Dengan harapan bisa memberikan keterampilan dalam pembuatan pizza singkong dan sabun serbaguna berbahan dasar jelantah kepada peserta, meningkatkan keterampilan dalam membuat makanan sehat untuk keluarga sekaligus menciptakan peluang usaha kuliner. Juga untuk menambah pengetahuan dan motivasi prilaku ramah lingkungan, dengan daur ulang minyak jelantah dan teknik pemurnian jelantah menjadi sabun yang bernilai ekonomis.

Kegiatan pelatihan ini terlaksana berkat kerjasama BPKK DPC dan struktur tarbawi melalui para murrobiyah. Alhamdulillah atas koordinasi yg baik antara panitia dan peserta, acara berjalan lancar, penuh keakraban dan sangat interaktif.

Peserta terlihat antusias dan menyimak dengan baik bagaimana cara pembuatan Pizza Singkong dan Sabun berbahan dasar jelantah yang merupakan ilmu baru, karena pada umumnya Pizza berbahan dasar tepung terigu dan Sabun berbahan dasar minyak nabati dan asam lemak.

"Pelatihan ini sangat menarik. Bagus buat di praktekkan di rumah,  buat wira usaha, apalagi bisa divariasikan lagi topping nya, dengan kreasi masing-masing2, dan diberi nama yang unik untuk menarik rasa penasaran. Sebab sekarang kuliner mudah bosan. Biasanya ada waktunya jenuh, tapi dengan variasi topping yg berbeda bisa menarik  konsumen," kata Ibu Rani, salah seorang peserta.

"Pizza singkong sangat bagus dan menginspirasi karena dari bahan yang sangat murah bisa menjadi makanan yang berkelas. Kemudian sabun dari minyak jelantah juga bagus karena memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat, tadinya minyak jelantah kalau dibuang bisa merusak kesuburan tanah ini dijadikan sabun multi guna dan bermanfaat," lanjutnya. [Nick]






PESAN

0 Response to "BPKK PKS Cikarang Utara Adakan Pelatihan Buat Pizza Singkong dan Sabun Serbaguna"

Posting Komentar