Inilah Rahasia Arti di Balik Koko Batik Pasangan Saduddin - Ahmad Dhani

PKSBekasi - Perhelatan pilkada Kabupaten Bekasi segera dimulai, ada lima pasangan calon (paslon) yang sudah resmi ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Bekasi. Masing-masing paslon mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, mulai dari visi misi, gaya menyapa masyarakat bahkan gaya berpakaiannya.

Kita tidak akan membahas satu persatu gaya pakaian dari lima paslon tersebut. Namun kita akan mencoba mencari arti dibalik makna pakaian pasangan Saduddin - Ahmad Dhani. Keunikan pakaian koko dengan ornamen batik itulah yang membuat banyak pertanyaan dikalangan simpatisan dan bahkan tidak banyak yang tau dari para kadernya. 

Diketahui bahwa, ternyata baju koko batik ini adalah Baju Koko Batik Gabus Bekasi. Motif ini tidak lepas dari unsur budaya dan perjuangan masyarakat Kabupaten Bekasi dengan para ulamanya. Kita kenal salah seorang ulama yang sekaligus menjadi Pahlawan Nasional KH.Noer Alie adalah yang menginspirasi Koko Batik tersebut.

Unsur yang mendasari dari motif ini antara lain, Golok dimana golok memiliki arti khusus  lambang perjuangan masyarakat Bekasi dan disertai dengan Bambu runcing. 

Kemudian Ikan Gabus ini adalah makanan khas masyarakat Kabupaten Bekasi yang biasa dikenal dengan sebutan ikan gabus pucung. Makanan ini sangat disukai masyarakat Kabupaten Bekasi, sehingga menjadi makanan khas Kabupaten Bekasi.

Lalu lambang Gedung Juang adalah monumen sejarah perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah Belanda. 

Harapan kita kedepan dengan telah diresmikannya motif Batik Bekasi ini dapat diimplementasikan secara nyata dalam bentuk seragam batik khas kabupaten bekasi baik untuk siswi-siswi TK/PAUD, SD, SMP, SMA/ SMK Mahasiswa, PNS dan Para Pekerja/ Karyawan di lingkungan Kabupaten Bekasi yang tentunya bermotif Batik Kabupaten Bkasi.

Semoga kedepannya motif batik Kabupaten Bekasi ini menjadi Ikon khas Batik Kabupaten Bekasi. (rie)





PESAN

1 Response to "Inilah Rahasia Arti di Balik Koko Batik Pasangan Saduddin - Ahmad Dhani"