Ummi Upik : Sudah Saat nya Kita Mengembangkan Minat Baca Dengan Rumah Baca



Di temui setelah menjadi nara sumber sebuah acara talkshow di masjid Baitur Rahman blok R Perumahan Bekasi Timur Permai kecamatan Setu, Umi Upik langsung membidik reporter dengan pernyataan penuh semangat , " Sudah saat nya kita di Kabupaten punya taman bacaan supaya masyarakat kita nih, gemar membaca "

Ummi Upik menyatakan bahwa ia baru saja kembali dari sebuah kunjungan kerja ke sebuah rumah baca di daerah Yogyakarta, Rumah ASA.

" Rumah Asa itu singkatan dari Rumah Adil Sejahtera. Taman bacaan dengan management sederhana, tapi bisa maju dan berkembang. Yang mengagumkan yaa itu, keberhasilan nya meningkatkan minat baca masyarakat sekitarnya. Bayangkan, tempat itu di datangi 150 orang perhari. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Luar biasa " demikian Ummi Upik penuh semangat.

Rumah ASA di pimpin oleh seorang Ummahat, Rabi Utami Varalin I atau akrab di sapa Uut. Taman bacaan yang berdiri tepat di hari buku nasional , tanggal 23 April 2012 di KarangKajen MG III /886E. Rt 43/ 11 kel. Brontokusuman, kec. Mergangsan kota Yogyakarta, awal nya hanya memiliki koleksi yang terbatas. Sedangkan kini , di ruangan berukuran 2,5 x 3 M itu tak kurang berisi 700 lebih judul buku.

Ummi Upik sangat terkesan dengan tata kelola management sederhana yang di terapkan di sana, " Ga ribet, mudah dijalan kan. Buku tidak di kasih nomor. Hanya di data siapa yg pinjam, di kembalikan kapan. Gratis. Sangsi nya kalau buku sampe hilang, mereka wajib mengganti dengan buku serupa atau buku yang di sepakati. "

"Tapi, meski begitu, mereka punya 4 orang relawan yang di gaji 900rb sebulan. Mereka bisa gaji relawan bukan dari jasa peminjaman buku, tapi dari usaha sampingan rumah ASA semisal usaha online komunitas pengrajin batik tulis, jualan pakaian dan handy craft hasil karya masyarakat sekitar. Benar-benar berdaya." Tandas Ummi Upik.


*Maks
PESAN

0 Response to "Ummi Upik : Sudah Saat nya Kita Mengembangkan Minat Baca Dengan Rumah Baca"

Posting Komentar