Kisah Anak Muda Cerdas



Al-Kisah. Pada suatu siang seorang anak muda tengah berbelanja di sebuah swalayan. Tak lama kemudian dia mengantri di kasir untuk membayar barang belanjaannya.

Ia mempersilahkan seorang ibu yang menenteng barang belanjaan lebih banyak untuk lebih dulu antri di depannya. "Makasih, Dik" kata ibu itu sambil beringsut ke petugas kasir.

Sejurus kemudian, barang belanjaan ibu itu discan dan saatnya untuk membayar. Tiba-tiba tampak kegelisahan dari ibu itu. Mukanya clingak clinguk sambil merogoh semua saku dan berkali-kali mengintipl sela-sela dompet. Nampaknya ibu itu kehilangan uangnya.

Melihat ibu itu kasak-kusuk di kasir. Maka pemuda itu terbersit untuk menolongnya. Dia memberikan uang seratus ribu di tangannya kepada ibu itu. "Ibu, ini uang Ibu, tadi jatuh!". Mendadak ibu yang gelisah itu tersenyum sumringah. "Alhamdulilah, terima kasih, ya Dik."

Maka selamatlah antrian panjang di kasir swalayan itu. Ibu itu tampak membayar semua barang belanjaannya, sambil berterima kasih dia menunduk dan pulang. Lalu pemuda itu juga membayar barang-barangnya dan pulang.



Sekilas, kisah di atas salah judul. Dimana letak "kecerdasan" anak muda itu...?

Ya. Sekilas memang demikian.

Kecerdasannya nampak saat dia memberikan uang sambil mengatakan "Ibu, ini uang Ibu, tadi jatuh!". Padahal itu uang dari dompetnya bukan uang ibu itu yang jatuh.

Kalau pemuda itu mengatakan *"Ibu, biarlah belanjaan Ibu saya yang bayar. Alhamdulillah saya punya uang lebih..." bakal lain kejadiannya.

Ibu tadi akan sangat malu karena menerima pemberian di muka umum. Orang-orang dalam antrian bisa menuduhnya "Gimana sih!, mau belanja kok gak bawa duit! Modus!".

Tapi dengan kecerdasannya, pemuda itu telah menjaga izzah, kehormatan ibu itu. Dia juga telah melakukan amal besar, yaitu menolong sesama tanpa mempermalukan yang ditolong. Dan satu lagi, dia selamat dari kesombongan yang mungkin timbul dari "puja-puji" sebagai orang baik yang telah membayari belanjaan orang lain.

Bukankah itu sebuah kecerdasan ?

#BP.
PESAN

0 Response to "Kisah Anak Muda Cerdas"

Posting Komentar