Syamsul Falah Kunjungi Pantai Bakti Muaragembong, Selesaikan Masalah Abrasi

PKSBekasi, Muaragembong - Bersamaan dengan memperingati Hari Nelayan 6 april 2016, Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bekasi, H. Syamsul Falah,M.Ec hadir dan bersilaturahim ke perkampungan nelayan Pantaibakti, Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. 

Dengan menggunakan perahu nelayan setempat, Syamsul Falah bersama rombongan pun menikmati potensi alam sekitar pantai dan meninjau lokasi muara yang terkena abrasi mengakibatkan pendangkalan di sekitar muara. Kepada para nelayan, Syamsul Falah berpesan agar mereka lebih bisa menjaga lingkungan sekitar kita. 

"Dengan menjaga lingkungan sekitar kita, kita pula yang akan menikmatinya nanti.  Sehingga tidak mengakibatkan abrasi yang terjadi. Coba lihat apa yang terjadi saat ini di muara atau dipinggir sungai, ada yang dangkal dan abrasi," ucap Syamsul Falah saat memberikan sarannya kepada nelayan setelah menerima keluh kesah mereka. 

Sebelumnya Ketua Nelayan Kabupaten Bekasi, dan juga sebagai Ketua Forum Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nasim  mengucapkan terima kasih atas kepedulian Syamsul Falah kepada nelayan.

"Mewakili penduduk dan nelayan sini, saya mengucapkan beribu terima kasih atas pemberian karung 10 oktober 2015 tahun lalu. Karena dalam mengatasi abrasi dan pendangkalan itu hanya bermodalkan swadaya masyarakat dan nelayan saja," ungkap Nasim.

Menurut Nasim, kini hasilnya pun terlihat jelas bentangan karung dari muara hingga ke tepi pantai sepanjang 700 meter lebih dengan bentangan karung dobel dua.

Selain Nasim, Ketua RT Minan juga berharap berharap agar penyedotan pasir di muara dilanjutkan lagi tahun ini, sebab pasca musim hujan muara kembali dangkal. Dan hal itupun juga dirasakan langsung oleh Syamsul Falah yang menaiki perahu saat di muara tersebut. 

"Pernah terjadi seorang nelayan setempat tidak bisa masuk perahunya ke perkampungan, sehingga disandarkan sorenya sehabis pulang melaut di tepi pantai, pagi harinya perahu tersebut hilang," ungkap Minan.

Dalam hal rapat antar para nelayan disana, mayoritas para nelayan memilih pilihan adalah hal dangkal muara, karena itu adalah akses terpenting untuk para nelayan beraktifitas ataupun lainnya. Selain itu masyarakat juga berharap adanya air bersih dan pelayanan kesehatan. (*)

Rep: NA
Ed: Rie






PESAN

0 Response to "Syamsul Falah Kunjungi Pantai Bakti Muaragembong, Selesaikan Masalah Abrasi"

Posting Komentar