Sehat itu nikmat , Temans

Sakit

PKSBekasi,Setu - Siapa yang bahagia kalo sakit ??? Hehhee...kayaknya ga ada. Kalaupun ada, mereka sedang berusaha move on dari pikiran jelek dan putus asa, karena penyakitnya kadung jadi permanen alias nempel seumur hidup kayak perangko.

Sehat itu salah satu nikmat yang pas hilang aja baru terasa nikmatnya. Makanya Rasulullah saw dalam kalimat saktinya bilang, " Manfaatkan yang lima sebelum datang yang lima" yaa salah satunya manfaatkan sehatmu sebelum datang sakitmu. Cuma, yang namanya manusia, bolak-balik diperingatin supaya jaga kesehatan, tetep aja cuek. Pas udah tepar baru berasa. Uhhuy ya, yang merasa manusia aja pasti ngaku dah.

Tahun lalu, beberapa teman melingkar sempet ribuut aja pengen rihlah.
Apa yang terjadi ?? Kita malah rame-rame sowan ke Rumah Sakit. Bergantian jaga in saudara melingkar yang diopname, ga sadarkan diri dengan deretan jenis penyakit yang nemplok ditubuhnya yang waktu itu baru bertengger dibilangan 29. Kurang lebih 40 hari ia tak sadarkan diri. Koma, sempet sadar pas kita kasih kejutan ulang tahun. Abis itu, ga sadarkan diri untuk selama-lamanya.

Saat itu, saya bilang, "Eh..kita sibuk aja bikin planing rihlah, nah...kita dikasih kesempatan rihlah sama Allah. Rihlah Rabbaniyah. Ga tanggung-tanggung. Ga cuma sehari-dua hari. Semoga bikin fresh ya...."
**krik...krik...krik...sepi. Mungkin lagi menata pikiran supaya bisa husnudzhon sama saya yang pikirannya aneh bin ajaib ituh. Iiyuhh banget sih, bu sri ini.

Sebenernya antara iyuhh ga iyuuhh lah. Dibalik iyuuh nya itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang berfikir. Hihihi
Coba liat, saban akhir pekan, apalagi pas tanggal merahnya berderet, itu yang namanya antrian  lalulintas sepanjang jalur menuju luar kota bikin macet. Apa yang di cari refreshing katanya. Buat apa ?? Biar pikiran sehat ,semangat kerja lagi nanti. Ooh really ??Apa yang di dapat ???
Kalo mau jujur, banyak loh yang abis refreshing malah stress. Macet yang gila-gilaan, pengeluaran yang diluar rencana. Belom kalo ada hal-hal diluar dugaan terjadi.
Hemm....coba simak resep seorang kaya raya agar tetap fresh, sehat dan bahagia, " Banyaklah memberi kebahagiaan kepada orang lain, maka kita akan bahagia"
Simple kan ?? Lha wong kita itu masih terlalu pelit buat ngasih kebahagiaan buat orang lain. Dengan alasan diri sendiri belom bisa bahagia. Hehehe, curcol mak ??

Kalau mau sehat, hargailah kesehatan kita. Caranya, sering rihlah Rabbaniyah kerumah sakit. Nengok kerabat, teman, atau iseng-iseng ngasih kopi plus snack kesatpam rumah sakit. Biar apa ?? Biar kita ga lupa bersyukur udah di kasih nikmat sehat yang cuma Allah doang yang bisa ngasih.
Hati juga jadi tumbuh empati, dilembutkan. Biar ga pelit berkepanjangan. Sedekah itu juga kan sarana Allah juga menghindarkan kita dari musibah.

Ahh, pokoknya sehat itu indah teman. Jangan sia-siakan.
Ngomong-ngomong kenapa saya jadi ngomongin masalah kesehatan begini sih ??
Ternyata hari ini adalah hari kesehatan internasional. Telat yak ??

Konon katanya, mencegah lebih baik daripada mengobati.
Jadi, terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali.

Keep happy and healthy.


By : Sri Suharni
Ketua Relawan Literasi (ReLi) Kabupaten Bekasi





PESAN

0 Response to "Sehat itu nikmat , Temans"

Posting Komentar