Nasehat Dari Seorang Anak Kecil



Oleh : DR. H. Sa"duddin, MM

Al kisah, Imam hanafi ( nu'man bin tsabit ) pernah bertemu dengan anak kecil yang berjalan dengan mengenakan sepatu kayu ( teropah kayu ) sang imam berkata; " Hati-hati nak dengan sepatu kayumu itu, jangan sampai kau tergelincir " .

"Anak tersebut tersenyum dan mengucapkan terimakasih sambil bertanya, " bolehkah saya tahu namamu tuan ? " tanya sia anak kecil, " Nu,man namaku "' jawab sang imam,"

"jadi , tuanlah yang selama ini terkenal dengan gelar al-imam al a'dhom ( Imam agung) itu ? tanya si anak kecil tersebut, "

"Bukan aku yang memberi gelar itu, masyarakatlah yang berprasangka baik dan memberi gelar itu kepadaku."

Anak kecil itu berkata lagi, " wahai imam, hati-hati dengan gelarmu, jangan sampai tuan tergelincir ke neraka karena gelar....,"

"sepatu kayuku ini, lanjut anak kecil itu kmungkin hanya mengelincirkan ku di dunia, tapi gelarmu itu dapat menjerumuskan-mu ke dalam api neraka yang kekal jika kesombongan dan keangkuhan menyertainya,"

Ulama besar yang banyak di ikut ummat Islam itu menangis..., mengapa menagis, karena siapa yang menyangka peringatan tersebut datangnya dari lidah seorang anak kecil, subhanallah!

Apa yang terjadi hari ini! , betapa banyaknya manusia tertipu karena jabatan, kedudukan, gelar , harta benda, status sosial, dan lain sebagainya, oleh karenanya jadikanlah kedudukan, jabatan , gelar , harta benda dan status sosial hanyalah sebagai sarana hidup bukan tujuan hidup, dan simpanlah semua itu di tangan jangan di simpan di dalam hati.

Coba perhatikan ada ungkapan, bahwa; sepasang tangan yang menarikmu kala terjatuh lebih baik dan harus di percayai daripada seribu tangan yang menyambutmu kala tiba di puncak kesuksesan " Semoga Allah menjaga kita semua. Amin... Wallahu'alam.
PESAN

0 Response to "Nasehat Dari Seorang Anak Kecil"

Posting Komentar