Mardani: DPRa Harus Fokus Pada 5 Hal


Keberadaan Dewan Pengurus Ranting (DPRa) memiliki posisi strategis. Sebagai struktur yang berada di tingkat desa atau kelurahan, DPRa berhadapan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, pengurus dan kadernya harus membekali diri sehingga mampu meningkatkan kualitasnya.

"DPRa harus fokus pada 5 hal sebagai modal berjuang di lapangan," ujar Ketua DPP Bidang Humas DR Mardani Ali Sera saat memberikan taujihnya dalam Musyawarah Ranting DPRa PKS Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi (2/6) kemarin.

Pertama, kader harus membekali dirinya dengan tarbiyah ruhiyah atau pendidikan ruhani. Kader harus memiliki standar ruhiyah yang jelas lewat indikator amal yaumi (pekanan).

Kedua, tarbiyah fikriyah atau pendidikan pemikiran. Kader harus menjadikan dirinya sebagai sumber pengetahuan dan membuka akses untuk membagi pengetahuan itu ke masyarakat.

Ketiga, tarbiyah jasadiyah atau pendidikan fisik. Kader harus menentukan standardisasi fisiknya agar memiliki jasmani yang sehat karena dakwah ini membutuhkan orang-orang yang kuat.

Keempat, tarbiyah iqtishodiyah atau pendidikan ekonomi. Di era saat ini, sudah saatnya setiap ikhwah punya satu unit usaha untuk menopang perekonomian dan berkontribusi pada dakwah.

Kelima, tarbiyah qiyadiyah atau pendidikan kepemimpinan. Setiap kader memiliki potensi menjadi seorang pemimpin dan itu harus diasah dengan seringnya mengadakan syuro.

"Jika 5 hal ini kita lakukan, insya Allah kita bisa menjemput kemenangan dakwah dan berkontribusi untuk masyarakat," ujar Mardani. **
PESAN

0 Response to "Mardani: DPRa Harus Fokus Pada 5 Hal"

Posting Komentar