Bidpuan PKS Citra Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sayur dan Buah

PKSBekasi, Cikarang Utara - Bidang pendayagunaan perempuan (bidpuan) PKS Cikarang Utara mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah sayuran dan buah-buahan, bertempat di SDIT Wirausaha Indonesia Perumahan Grand Cikarang City, Bekasi.
Diikuti oleh 30 orang dari perwakilan tiap DPRa, suasana pelatihan sangat interaktif dan peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, baik saat penyampaian materi maupun praktek.

"Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, sehingga suasan interaktif terbangun, banyak bertanya dan fokus saat mengikuti praktek," ungkap Ketua Bidpuan PKS Cikarang Utara, Ratih Mariwi, Selasa (02/06/15).

Pengolahan limbah sayuran dan buah-buahan menjadi Eco Enzym Cairan Multiguna melalui proses fermentasi dipandu oleh Ahmadun Al Rusdi, seorang ahli rekayasa pangan dan pengembangan produk baru, jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Proses fermentasi limbah memerlukan waktu selama tiga bulan untuk menghasilkan cairan yang bermanfaat, misalnya mencuci piring, baju, membersihkan kaca, mengepel lantai, bahkan dapat mengusir nyamuk.

Pemanfaatan limbah ini selain bernilai ekonomis juga dapat mengurangi polusi (tanah dan air), aman digunakan karena tidak menggunakan zat kimia serta mengurangi pemanasan global dunia (global warming).

Tujuan pelatihan kedepan selain untuk para kader juga akan melibatkan masyarakat luas, sehingga pemanfaatan limbah bisa dirasakan oleh semua orang. (khan)





PESAN

0 Response to "Bidpuan PKS Citra Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sayur dan Buah"

Posting Komentar