Susi dan Makna Pujian Aher


Usai Presiden Jokowi mengumumkan Susi Pudjiastuti sebagai menteri, nama pemilik Susi Air itu langsung moncer. Ia pun menjadi sasaran kritikan tajam terutama di media sosial karena aksinya merokok di Istana Negara. Penghujatnya datang dari berbagai kalangan: mulai masyarakat biasa hingga Pakar Kelautan ITB. Tapi tidak demikian dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Pria yang biasa disapa Kang Aher itu justru berkebalikan dengan arus utama publik. Alih-alih menghujat Susi, ia justru merasa bangga dengan terpilihnya wanita asli Pangandaran itu sebagai pembantu Presiden Jokowi.

"Pasti rasa bangga itu tentu ada," kata Aher kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (28/10/2014) saat ditanya tentang Susi.

Aher tentu saja tidak sedang mencari sensasi. Fakta bahwa Susi adalah putri asli Jawa Barat adalah satu sebab yang membuat Aher bangga. Hal lain ialah soal success story Susi - dari bukan siapa-siapa kini mempunyai kerajaan bisnis di penerbangan dan perikanan - yang membuat Aher bangga.

Begitulah cara pandang seorang tokoh yang telah meraih ratusan penghargaan selama menjadi orang nomor satu di Tanah Pasundan. Selalu berpikir positif, optimis dan apresiatif terhadap segala sesuatu, termasuk tentang Susi.

Terlepas dari itu, ungkapan bangga Aher pada Susi sejatinya merupakan sebuah pesan penting kepada kita agar jangan cepat memvonis, berikan kesempatan Susi untuk bekerja. Karena dengan cara itulah kita bisa membangun negeri ini.

Siapa tahu, Susi akan mengikuti jejak Aher yang meraih banyak prestasi. Atau, bolehlah kita berharap, Jawa Barat dan Indonesia akan melahirkan sosok pahlawan baru: dulu Susi Susanti, srikandi bulutangkis asal Tasikmalaya, dan kini Susi Pudjiastuti, menteri asal Pangandaran.

Selamat bekerja Bu Susi...

Erwyn Kurniawan
Pemerhati Media dan Politik Islam PESAN

0 Response to "Susi dan Makna Pujian Aher"

Posting Komentar