Kangen Emak

Mak, aku kangen Emak. Kangen nasehat Emak, kangen masakan Emak, kangen cerewetnya Emak. Teringat kala Emak menyuruh kami anak-anak Emak untuk sholat, kami pasti berkelit, menunda-nundanya, tapi Emak gak patah semangat untuk tetap “memaksa” kami agar sholat. Masih terngiang Mak, saat Emak berkata : “Gusti Allah itu sudah sayang sama kita nduk, masa kita tidak ucapkan terima kasih walau sekedar sholat saja”. Jujur Mak, cerewet yang seperti itu yang aku kangeni.

Apalagi saat aku mulai beranjak remaja, selalu saja Emak mengingatkan, “Nduk..kamu cantik anak Emak. Kamu sudah terlihat besar, Nak, kecantikanmu akan lebih sempurna jika jilbab yang kamu pakai ini tetap menghiasinya. Apalah artinya cantik rupa jika tak diiringi cantik akhlak”. Ah, Emak…aku makin kangen.


Emak memang bukan wanita terpelajar, tapi dari Emak aku banyak belajar. Emak memang tidak “makan bangku sekolah”, tapi dari Emak aku ditarbiyah. Aku dikenalkan agama dari kecil oleh Emak. Walau sendiri, Emak kuat membesarkan kami anak-anaknya hingga perguruan tinggi. Bersyukur aku memiliki Emak luar biasa seperti mu, Mak….


Sampai suatu ketika datang seorang pemuda sholeh “meminta” aku dari Emak. Dalam ketegaran Emak aku tahu, Emak menyimpan air mata. Aku tahu Emak tak ingin melepaskan aku yang merupakan putri satu-satunya dari tiga saudaraku yang lain. Tapi Emak tidak melakukan itu, yang ku ingat Emak cuma berkata, "Nduk ketika saatnya tiba nanti, jadi istri sholehah ya? karena itulah sebaik-baiknya perhiasan dunia".

Tak bisa menahan airmata ini jika aku ingat engkau Mak, engkau luar biasa bagi kami anak-anakmu. Engkau bisa berkata tegar di saat kami rapuh. Di saat kami butuh pelukan dan belaian Emak hadir menemani. Ada dan tiada dirimu sat ini di dekatku, kau selalu ada dihatiku Mak.

Berjuta doa selalu tercurah untukmu Mak, Ya Rabb…Tempatkan Emak dan Bapakku di syurga-Mu yang terindah. Ampunilah mereka karena cintanya yang tulus untuk kami. Sayangi mereka sebagaimana mereka mereka menyayangi kami sewaktu kecil dulu. Aaamiin.

 Mak…….aku kangen Emak…..
#Sebuah persembahan untuk seluruh Ibu….

Oleh Yanty Fenty

PESAN

0 Response to "Kangen Emak"

Posting Komentar